Langka Pengeringan Kopi Yang Benar


1. Pengeringan Dengan Cara Alami

Pengeringan biji kopi dengan cara alami ditangani lewat cara menjemur biji kopi di sinar matahari segera. Langkah tersebut umumnya diaplikasikan waktu musim kemarau hingga resiko biji tersiram hujan bisa diminimalkan. Baiknya biji kopi tadi dihamparkan di latai semen, anyaman bambu, atau tikar dan jangan sampai menempatkannya segera diatas tanah sebab bisa mengotorinya. Kopi yang telah dihamparkan dengan ketebalan optimal 1, 5 cm ini dijemur sepanjang 10-14 hari bergantung keadaan cuaca. Ketika sistem penjemuran berjalan, hamparan kopi itu butuh dibalikkan tiap-tiap 1-2 jam sekali agar kering dengan cara rata dengan memakai alat garuh kayu.

*Simak Berikut Ini  Sistem Pemrosesan Teh Hijau

2. Pengeringan Dengan Cara Buatan

Sistem pengeringan biji kopi dengan cara buatan dikerjakan dengan memakai pertolongan mesin pengering yang terdiri atas tromol besi yang mempunyai dinding berlubang-lubang.
Cara ini dapat dikerjakan waktu penjemuran mustahil dikerjakan lantaran cuaca tengah mendung atau hujan. Meskipun memerlukan cost yang banyak, namun pengeringan dengan pertolongan mesin ini dapat dikerjakan dengan cepat, lebih kurang sepanjang 18 jam saja.
Step pertama yakni memanaskan biji kopi dengan suhu 65-100 derajat celcius untuk turunkan kandungan air sampai 30 %. Setelah itu biji kopi butuh dikeringkan lagi pada step ke-2 yaitu memanaskan biji kopi pada suhu 50-60 derajat celcius supaya kandungan air yang tersisa cuma sekitaran 8-10 %. Selain dengan mesin, bisa juga menggunakan rumah kaca dengan memanfaatkan plastik uv sebagai alas maupun atapnya. Pengeringan dengan rumah kaca ini memiliki manfaat yang sama dengan mesin pengering.

3. Pengeringan Dengan Cara Kombinasi

Dimaksud cara pengeringan gabungan lantaran menggabungkan pada pengeringan alami serta pengeringan buatan. Awal mula biji kopi dijemur dibawah sinar matahari hingga kandungan airnya tinggal 30 %. Kemudian, biji kopi dikeringkan sekali lagi menggunakan mesin pengering untuk turunkan kandungan air sampai 8-10 %.

www.karungberas99.com



Tata Langkah Pemanenan

1. Step pemetikan pendahuluan yakni step pemanenan pertamakali. Maksudnya yaitu untuk mengambil buah-buah yang kurang sehat hingga tak mengganggu perkembangan buah yang lain. Buah-buah kopi yang telah dihimpun setelah itu mesti selekasnya diolah lewat perebusan serta pengeringan

2. Step petik merah atau panen raya adalah bagian pemanenan buah-buah kopi yang sesungguhnya. Pemetikan buah kopi yang sudah masak ditangani tiap-tiap 10-14 hari sekali dengan memanen buah yang berwarna merah saja.

3. Step petik racutan yakni sistem pemanenan pada step yang paling akhir. Semua buah, baik yang mentah, masak, serta menua mesti dipetik dari tanaman-tanaman kopi hingga tidak tersisa, Hal semacam ini dikerjakan supaya beberapa bekas buah kopi ini tak mengundang hama serta penyakit untuk menyerang tanaman kopi. Buah hasil pemanenan step petik racutan ini masihlah layak mengkonsumsi tetapi mesti dikerjakan penyortiran berdasar pada mutu serta mutunya.

* Baca juga manfaat lain dari plastik uv  Penggunaan Plastik UV Untuk Penjemuran Hasil Panen dan Industri Batu Bata, Genteng, dll.

Update Harga Klik DISINI
Pemesanan Plastik Uv Hub di 081232584950 | 081553451269 | 087702821277 www.uvplastik99.com

 

2 Komentar

Posting Komentar

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama